Jumat, 22 Maret 2013

Amnesia




Definisi

Amnesia mengacu pada hilangnya kenangan, seperti fakta, informasi dan pengalaman. Meskipun memiliki tidak masuk akal yang Anda yang merupakan perangkat plot umum di film dan televisi, kehidupan nyata amnesia umumnya tidak menyebabkan hilangnya identitas diri.

Sebaliknya, orang-orang dengan amnesia-juga disebut sindrom amnestic — biasanya jelas dan tahu siapa mereka, mungkin mengalami kesulitan belajar informasi baru dan membentuk kenangan baru.

Amnesia dapat disebabkan oleh kerusakan area otak yang sangat penting untuk memori pengolahan. Tidak seperti episode sementara kehilangan memori (sementara global amnesia), amnesia dapat menjadi permanen.

Ada tidak ada pengobatan khusus untuk amnesia, tapi teknik untuk meningkatkan memori dan dukungan psikologis dapat membantu orang dengan amnesia dan mengatasi keluarga mereka.

Gejala

Dua fitur utama dari amnesia adalah:

-Gangguan kemampuan untuk mempelajari informasi baru sebagai bagian dari amnesia (anterograde amnesia)
-Gangguan kemampuan untuk mengingat peristiwa dan sebelumnya akrab informasi (mundur amnesia)

Kebanyakan orang dengan amnesia memiliki masalah dengan memori jangka pendek-mereka tidak bisa mempertahankan informasi baru. Kenangan terakhir paling mungkin akan hilang, sementara lebih terpencil atau tertanam kenangan dapat diselamatkan. Seseorang mungkin ingat pengalaman dari masa kanak-kanak atau mengetahui nama-nama Presiden masa lalu, tetapi tidak dapat nama Presiden saat ini atau ingat apa bulan itu atau apa itu untuk sarapan.

Kehilangan memori terisolasi tidak mempengaruhi seseorang intelijen, pengetahuan umum, kesadaran, rentang perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas. Orang-orang dengan amnesia biasanya dapat memahami kata-kata lisan dan tertulis dan dapat belajar keterampilan seperti naik sepeda atau bermain piano. Mereka juga dapat mengerti mereka memiliki gangguan memori.

Amnesia tidak sama dengan demensia. Demensia sering termasuk kehilangan memori, tetapi ini juga melibatkan lain masalah kognitif yang signifikan yang mengarah ke penurunan dalam kemampuan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Pola pelupa juga gejala yang umum dari mild cognitive impairment (MCI), tapi memori dan masalah lain kognitif di MCI tidak separah sebagai orang-orang yang berpengalaman dalam demensia.

Tambahan tanda dan gejala
Tergantung pada penyebab amnesia, tanda-tanda dan gejala lain termasuk:

-Kenangan palsu (obrolan), benar-benar menciptakan atau terbuat dari kenangan asli yang salah dalam waktu
-Masalah-masalah neurologis seperti tidak terkoordinasi gerakan, getaran atau kejang
Kebingungan atau disorientasi

Ketika ke dokter
Siapa pun yang mengalami kehilangan memori yang tidak dapat dijelaskan, cedera kepala, kebingungan atau disorientasi membutuhkan perhatian medis segera. Seseorang dengan amnesia tidak mungkin mampu mengidentifikasi lokasi nya atau memiliki kehadiran pikiran untuk mencari perawatan medis. Jika seseorang yang Anda kenal memiliki gejala Amnesia, membantu orang mendapatkan perhatian medis.

Penyebab

Fungsi memori normal melibatkan banyak bagian otak, dan setiap penyakit atau cedera yang mempengaruhi otak dapat mengganggu seluk-beluk memori. Amnesia dapat hasil dari kerusakan untuk struktur otak yang membentuk sistem limbik, yang mengendalikan emosi Anda dan kenangan. Struktur ini termasuk thalamus, yang terletak dalam di pusat otak Anda, dan formasi hipokampus, yang terletak dalam jarak lobus temporal otak Anda.

Amnesia disebabkan oleh cedera otak atau kerusakan dikenal sebagai amnesia neurologis atau organik. Kemungkinan penyebab amnesia neurologis termasuk:

-Stroke
-Radang otak (encephalitis) akibat infeksi virus seperti herpes simplex virus atau sebagai reaksi autoimun terhadap kanker di tempat lain dalam tubuh (paraneoplastic limbik encephalitis)
-Kekurangan oksigen yang memadai dalam otak (misalnya, dari serangan jantung, pernapasan tertekan atau keracunan karbon monoksida)
-Penyalahgunaan alkohol jangka panjang yang mengarah pada kekurangan Tiamin (vitamin B-1) (Wernicke-Korsakoff syndrome)
-Tumor di daerah otak yang mengontrol memori
-Otak degeneratif penyakit seperti penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia
-Kejang
-Electroconvulsive terapi, prosedur di mana arus listrik yang melewati otak, kadang-kadang digunakan untuk mengobati penyakit tertentu mental
-Obat-obatan tertentu, seperti benzodiazepin

Cedera kepala, seperti yang berkelanjutan dalam kecelakaan mobil, dapat mengakibatkan kebingungan dan masalah mengingat informasi baru, terutama pada tahap awal pemulihan — tetapi biasanya tidak menyebabkan parah amnesia.

Jenis langka lain amnesia, disebut psychogenic atau dissociative amnesia, berasal dari emosional shock atau trauma, seperti menjadi korban kejahatan dengan kekerasan. Pada gangguan ini, seseorang dapat kehilangan kenangan pribadi dan otobiografi informasi, biasanya hanya sebentar.

Perawatan dan obat-obatan

Pengobatan untuk amnesia berfokus pada teknik dan strategi untuk membantu membuat untuk masalah memori.

Terapi okupasi
Seseorang dengan amnesia dapat bekerja dengan seorang ahli terapi okupasional untuk mempelajari informasi baru untuk menggantikan apa itu hilang, atau menggunakan utuh kenangan sebagai dasar untuk mengambil dalam informasi baru. Memori pelatihan juga dapat mencakup berbagai strategi untuk mengorganisir informasi sehingga lebih mudah untuk mengingat dan untuk meningkatkan pemahaman tentang percakapan diperpanjang.

Bantuan teknologi
Banyak orang dengan amnesia bermanfaat untuk menggunakan PDA, seperti Palm Treo, BlackBerry, atau iPhone. Dengan beberapa pelatihan dan praktek, bahkan orang-orang dengan amnesia parah dapat menggunakan penyelenggara elektronik ini untuk membantu dengan tugas-tugas sehari-hari. Misalnya, mereka dapat memprogram PDA untuk mengingatkan mereka tentang peristiwa-peristiwa penting atau untuk mengambil obat-obatan.

Aids berteknologi rendah memori termasuk notebook, kalender dinding, pil minders dan foto-foto orang dan tempat.

Obat atau suplemen
Obat-obatan tidak tersedia saat ini untuk mengobati kebanyakan jenis amnesia. Karena Wernicke-Korsakoff sindrom melibatkan kekurangan Tiamin, perawatan termasuk mengganti vitamin ini dan menyediakan nutrisi yang tepat. Meskipun pengobatan, yang juga harus memiliki pantangan alkohol, dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut, kebanyakan orang tidak akan memulihkan semua memori mereka hilang.

Peneliti sedang menyelidiki beberapa neurotransmitter yang terlibat dalam pembentukan memori, yang mungkin suatu hari mengarah pada pengobatan baru untuk memori gangguan. Tapi kompleksitas proses otak yang membuat tidak mungkin bahwa obat tunggal akan mampu menyelesaikan masalah memori.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar